21 October, 2017

Penemu Nama INDONESIA

  No comments


Hasil gambar untuk foto penemu nama indonesia
  
  Nama Indonesia sudah ada sebelum para pejajah datang ke negeri ini.Meski Indonesia sudah lama merdeka,tapi di jamin kalian pasti tidak tahu siapa penemu nama Indonesia.

    Hasil gambar untuk foto penemu nama indonesia

     Penemu nama Indonesia yang pertama adalah James Richardson Logan dan George Samuel Widson Earl,nama Indonesia diusulkan pertama kali oleh Earl dalam jurnal karangannya yang berjudul "Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia" volume IV tahun 1850.

     Namun sebeum memberikan nama Indonsia ,Earl sempat memberi nama Malayaunesia yang karena kebanyakan orang Indonesia merupakan ras melayu.

     Tapi Logan lebih memilih nama Indonesia karena nama itu lebih cocok untuk Indian Island atau Indian Archipelago.Hingga akhirnya nama Indonesia di pilih,tapi huruf "U" diubah jadi "O" sehingga jadi Indonesia.

     Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani,yakni "Indo" dan "Nesie"yang artinya kepulauan Hindia.Sementara nama Nusantaraberasal dari bahasa Jawa Kuno,nusaartinya pula dan antara berartiberhubungan.Jika disatukan Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau .Julukan tersebut diberikan karena Indonesia memang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh lautan.

     Sekian sob yang bisa saya berikan semoga bisa menambah wawasan anda dan terus menjaga nama baik bangsa :D  

No comments :

Post a Comment